gravatar

Scorpio vs Tiger

dari karakter mesin perbedaan antara scorpio & tiger bisa dilihat Liner pio 6mm, tiger 3mm.. tiger maks oversize 200, scorpio oversize 400 hayuuk.. Ke 250 cc gampang.. tinggal ganti piston, cuman pistonnya gak ada yg ukuran 74mm.

Bore gede 70mm stroke pendek alias overbore gitu.. klo tiger over stroke, stroke lebih gede dari bore nya.. Udah beda karakter dan tujuan dari situ..
Dengan overbore, luas penampang piston yg gede membuat ruang bakar juga gede.. keuntungannya tarikan atau akselerasi motor mumpuni. tapi dengan besarnya bore tsb maka efisiensi ruang bakar juga kurang oke.. Klo Scorpio boros jangan protes, emang dia didesain untuk akselerasi, bukan efisiensi..

Dilain pihak, mesin tiger adalah overstroke, bukan hanya tiger.. semua mesin honda (di indonesia) adalah overstroke.. Tujuannya JELAS! demi efisiensi pembakaran.. Jadi klo motor Honda irit, itu bukan sulapan.. atau semacam bumbu rahasia yg gak diketahui pabrikan lain.. Itu merupakan pilihan karakter mesin. Overstroke tapi memiliki kekurangan di akselerasi dan usia pakai.. karena gaya inersia yang diterima setang piston mesin overstroke lebih besar dari mesin over bore..

Makanya saat ditanya kenapa Honda cuman maen di One Make Race semerek aja, koq gak berani terjun di Kejurnas.. AHM berujar, Honda mau ikut kejurnas asal regulasi membolehkan Honda mengubah stroke.. dari overstoke ke overbore dengan kata lain mengubah karakter mesin.. Jadi andai tiger di overbore jadi 223cc seperti scorpio.. hasilnya tetep masih kencengan scorpio bos..

Klep in dan out scorpio juga mengimbangi diameter piston juga gede-gede.. 34mm dan 29mm.. seukuran ma klep Mitsubishi Lancer Evolution 4G63. lebih gede 4mm an dari klep tiger.

Noken as pio juga "chubby" alias gendut.. baik bibir, lobe maupun pantat nya.. tebel dah.. ini juga biang kenceng tapi boros nya..

Rantai kamprat nya biasa aja, yang istimewa hanya buatan DID asli jepang tipe silent cam yg di klaim usianya bisa mencapai 100.000 km..

Mesin udah dilengkapi filter oli.. Kopling empuk dibanding merek lain..

Rangka nya tipe cradle, jadi mesin di lingkupi rangka alias gak ngantung..

Satu lagi keunggulan desain mesin nya yaitu saat mau bongkar head dan blok silinder, entah mau servis besar atau oversize, mesin gak perlu turun dari rangka.. jadi gak terlalu repot dan makan waktu. klo di Tiger untuk bongkar head harus turun mesin, jelas ini memakan waktu n kurang efektif.

gravatar

Over stroke?? Lebih tepatnya Near square,tiger 63,5(bore) x 62,2 (stroke)
Malah gede bornya itu!!

gravatar

square engine, nice...

gravatar

hhhh penulisnya pemakai scorpio jadi ya memuji² scorpio...
scorpio lewat 1 kecamatan dah herex 1200m

gravatar

Pio itu ga boro" banget dah walau pake karbu 28

gravatar

Pio itu ga boro" banget dah walau pake karbu 28

gravatar

Mantap.. Scorpio holic

gravatar

gk semua honda over stroke bang,mp dan gl neotek 160cc stroke 49mm bore 63,5mm (overbore) bang makanya klo neotek 157cc di boreup pake piston scorpio non(jangan) strokeup larinya gila2 an,yah walau cc nya gk sampe 190cc tapi klo lawan scorpio 225cc bisa ninggalin sekebon kebon dah tu stroke 49mm

Link

Valentino Rossi Video

Sorotan